5 Tempat Wisata Ikonik di Busan Korea Selatan yang Keren Abis. Harus jadi Prioritas Wajib Kunjung jika Ke Sana

by - February 15, 2018


“The more you know about busan, the more time you spend in this city, and the more you will be attracted to it’s charm”.

KEBANYAKAN ORANG JIKA BERLIBUR KE KOREA SELATAN, satu-satunya kota tujuan yang dijadikan destinasi wisata adalah Seoul. Entah karena kurang informasi tentang obyek wisata lain atau memang sengaja karena tahu Seoul lebih terkenal dibanding kota-kota lain.

Hey come on guys, korea itu gede dan tidak melulu Seoul saja yang keren. Sekali-kali boleh lah lirak-lirik kota kece lain di berbagai sudut Korea Selatan, Busan misalnya. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang bakal candu dibuatnya. #ini bukan sedang promosi tempat wisata ya. hehe 

 “Seoul is great, but you really should visit Busan as well”.

Kota Busan merupakan kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul. Bersama dengan Seoul, kota ini menyandang predikat kota metropolitan. Bahkan pelabuhannya saja masuk dalam kategori 1 dari 3 pelabuhan tersibuk di dunia. 

Meskipun sama-sama tergolong kota yang super sibuk, Busan memiliki kesan yang jauh lebih “santai dan ramah” dibanding Seoul. Memang, ibu kota terkadang lebih kejam dari ibu tiri. #cielah

Tapi itu memang benar. Jalan-jalan di kota Busan berasanya lebih menyenangkan. Mungkin karena Busan memiliki sisi unik yang jarang dimiliki tempat lain. Orang-orang yang ramah, cuaca yang cantik dan makanan yang enak semuanya adalah paket bonus yang bisa didapat jika berlibur di Busan. Hmm, gak heran, kenapa banyak yang bilang “Busan adalah kota yang Humanis”. #itu memang gak pernah salah.

Meskipun tidak seluas Seoul, Busan menawarkan pilihan obyek wisata yang tidak kalah saing dengan Seoul. Yaa, meskipun kita tetap harus mengakui bahwa dari segi kuantitas, Seoul masih tetap no 1. Lalu apa yang membuat Busan menarik? Berikut akan  dibagikan top 10 tempat wisata keren di Busan yang menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri di mata turis lokal maupun internasional.

1.    Haeundae Beach

Berdasarkan survei yang dilakukan trip advisor pada tahun 2017 lalu, Haeundae Beach menduduki urutan no. 1 dari 231 tempat wisata pilihan yang ada di Busan. Memang, pantai ini adalah pantai yang cukup terkenal dan menjadi ikon kota busan. Bisa dibilang ketenarannya ini dapat menyaingi pantai Seogwipo yang ada di Pulau Jeju. 

Hamparan pasir putihnya yang luas dipadu dengan jejeran gedung-gedung bertingkat di pesisir pantai, bukankah itu sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan dan anti mainstream? 

Belum lagi ketika musim panas tiba, pantai ini akan penuh dengan lautan manusia yang yang asyik dengan aktivitasnya sendiri-sendiri. Entah itu hanya berjemur, berjalan mengitari bibir pantai atau mungkin bermain-main dengan burung-burung camar atau burung Saegul yang memang banyak ditemukan di pantai Haeundae ini.  

Hmm, ngebayangin itu saja semacam ada perasaan lega gitu, lalu bagiamana dengan  menikmati keindahan pemandangannya secara langsung? Ahh.. pokoknya kamu harus ke sini deh. Setidaknya kamu bisa membuktikan itu sendiri, bukan hanya dengar dari kata orang-orang.

“Jangan percaya apa yang mereka katakan. Pergi, datangi dan lihatlah sendiri”.
 
Tempat Wisata di Busan Korea Selatan, Obyek Wisata Busan Korea Selatan, Obyek Wisat Pantai Haeundae Busan Korea
Suanasa Pantai Haeundae Saat Musim Panas
Beberapa ulasan dari anggota TripAvisor berikut ini mungkin bisa menjadi Pertimbangan. (Tau sendirikan TripAdvisor itu apa? TripAdvisor adalah sebuah website terbesar di dunia yang membantu wisatawan untuk memesan, mendapatkan rekomendasi juga ulasan seputar hotel, restoran dan obyek wisata di seluruh dunia)

"Brettsky72~ Go down to the beach and stroll around. It’s worth it. Great restaurants, hotels and bars in this area. I was there in February but got a great day".

"Joshua D~ went here in February so there wasn’t any swimming, but it was beautiful and looks like a nice beach. Temperature was warm enough to stand around and take pictures. It’s not Jeju Island or Hawaii, but it is a beach. I imagine it’s very crowded when the weather is nice".

Transportasi ke Haeundae Beach

Untuk sampai ke pantai Haeundae kita bisa ambil jalur 2 menuju Haeundae Station lalu keluar melalui exit 3 atau exit 5. Dari stasiun berjalanlah sebentar (sekitar 10 menit) hingga tiba di pantai Haeundae.

2.    Busan Tower dan Nampo-dong Street

Yongdusan Park, itulah nama lain dari Busan Tower. Lokasi tower dan  taman ini berada di atas bukit yang agak tinggi. Meskipun begitu kamu gak perlu takut kecapekan menaiki tangga, karena sudah di sediakan eskalator untuk mempermudah perjalananmu sampai kesana. Tapi untuk turunnya tetep jalan kaki loh ya. #hitung-hitung sekalian olahraga lah. Hehe.

Kalo cuma sekedar jalan-jalan di tamannya kita tidak perlu merogoh dompet alias gratis, tapi kalo pengen naik ke bagian obsevatory tetap harus mengeluarkan uang untuk biaya karcisnya sebesar 5000 KRW. Ya, walaupun harus kehilangan uang sebesar itu, tapi tidak papa lah ya, lagian harga ini tidak sebanding dengan keindahan alam kota Busan yang bisa kita nikmati dari atas ketinggian Tower ini.
Obyek Wisata Busan Tower, Tempat Wisata Terkenal di Busan
Penampakan Busan Tower di Siang Hari

Di bagian observatory juga ada yang namanya sky cafe. Semacam angkringan di pinggir jalan yang menawarkan kopi dan makanan-makanan ringan gitu.  Nah di sini kamu bisa beli kopi dan jajanan kecil untuk disantap di tempat sambil menikmati pesona kota Busan. #Boleh juga sambil merenungi nasib. Wkwk

Tempat Wisata di Busan Korea Selatan, Obyek Wisata Busan Korea Selatan, obyek wisata Nampo-dong
Suasana di Nampo-dong Street
Kalo ditanya pemandangannya bagusan malam apa siang? Ya, tergantung selera masing-masing orang aja sih, soalnya mau siang, mau malam semuanya punya daya tarik tersendiri. 

Berbicara soal Busan Tower atau Yongdusan Park, bangunan yang menjulang tinggi ke langit ini letaknya di Nampo-dong.  Nampo-dong sendiri merupakan pusat belanja di Kota Busan yang selalu ramai akan pengunjung. Keramaian ini akan semakin menjadi-jadi ketika tiba musim dingin menjelang hari natal, dimana pasar ini menjadi lokasi Busan Christmas Tree Festival yang rutin diadakan tiap tahun.

Transportasi Ke Busan Tower dan Nampo-dong Street

Untuk mencapai Busan Tower ambil jalur 1 menuju Nampo Station, lalu cari exit 7. Dari situ berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di tujuan.

3.    Beomosa Temple dan Hedong Yonggungsa Temple

Beomosa Temple dan Hedong Yonggungsa, kedua bangunan ini wajib banget dikunjungi ketika ke Busan. Tidak hanya hanya dari segi sejarah saja, lokasi kedua bangunan ini pun saling bertolak belakang. Yang satu di bawah kaki gunung sementara yang lain berada di tepi tebing yang berbatasan dengan laut.

Jadi kalo posisi kita di tengah kota Busan maka kita harus memilih mana yang harus lebih dulu dikunjungi, ke utara (Beomosa) atau ke timur (Hedong Yonggungsa). Terlepas dari lokasi mana yang dikunjungi duluan, masing-masing kuil tersebut punya daya tarik tersendi yang pastinya tidak sama antara satu dan yang lain.
Obyek Wisata Beomosa Temple di Busan Korea Selatan
Pemandangan Beomosa Temple
Beomosa  Temple sendiri  merupakan kuil yang letaknya di bawah kaki gunung Geumjeongsa. Kuil ini memiliki bentuk yang sangat keren dimana bangunannya di atur dengan ketinggian yang tidak sama antara satu dan yang lainnya. Beberapa bangunan ada yang terlihat lebih tinggi, tapi ada juga yang rendah dan diantara keduanya. Mungkin karena lokasinya yang berada di lereng gunung kali ya? entahlah.

Selain mempunyai bangunan yang indah, Kuil Boemosa juga memiliki pemandangan menawan yang cukup bisa jadi pencuci mata. Pohon bambu dan pinus yang menjulang tinggi serta hiasan lentera  aneka warna disepanjang jalan menuju kuil, bukankah semakin menambah daya tarik Beomosa  Temple?

Saking bernilainya, kuil ini bahkan termasuk 1 dari 3 kuil terpenting di Korea. Sebagai salah satu kuil tertua yang dianggap penting, tentunya Beomosa  Temple menyimpan banyak nilai historis yang sangat menarik untuk ditelusuri. Biasanya di butuhkan waktu setengah sampai satu hari mengelilingi kuil ini untuk mencari tahu semua kisah historis di baliknya. 
Obyek Wisata Heodong Yonggungsa di Busan Korea Selatan
Penampakan Haedong Yonggungsa 
Berbeda dengan Beomosa  Temple, Heodong Yonggungsa memiliki lokasi yang unik yaitu berada di tepi jurang dengan pemandangan laut bebas. Tidak hanya untuk wisata, kuil ini sepertinya juga dipersiapkan untuk mereka yang ingin berziarah.

Sebenarnya, kalau diliat-liat lagi pemandangan di sepanjang pintu masuk kuil ini lebih mirip pasar tumpah sih. Sangat penuh dengan orang-orang. Sebagian dari mereka adalah pengunjung kuil itu sendiri sementara beberapa lainnya adalah penjual-penjual yang menjajakan berbagai pernak-pernik termasuk di dalamnya aksesories, pakaian juga jajanan pasar. Hmm, bisa sekalian shoping nih kalo ke sini.

Transportasi ke Beomosa Temple & Heodong Yonggungsa

Untuk sampai ke Beomosa Temple, kita bisa menggunakan MRT kemudian turun di Beomosa Stasiun dan cari exit 5 atau 7. Setelah itu sambung dengan jalan kaki sampai Samsin Bus Stop lalu naik bus No.90 sampai ke Beomosa Temple.

Sementara itu,  untuk mencapai Heodong Yonggungsa, bisa menggunakan MRT lalu turun di Haeundae station. Dari situ ambil exit 7 dan sambung menggunakan bus No. 181 hingga ke Yonggungsa  Temple Bus Stop. 

Kalo jalan-jalan ke korea pastikan mampir ke Busan ya cingu. Senggaknya 5 tempat wisata ikonik kota Busan ini harus kamu prioritaskan. Kalo punya waktu lebih kamu bisa juga jelajahi tempat-tempat keren lainnya kayak Taejongdae Park, BIFF Square, Pasar Jagalchi, Gamcheon Culture Village atau mau keliling semua wisata Busan sekalipun tak masalah. #hehe. 

 Lebih baik melihat sesuatu satu kali, daripada mendengarnya ribuan kali”.

You May Also Like

0 comments