Pantai Krakal Yogyakarta, Akuarium Semesta dengan Pesona Alam Bawah Laut yang Indah

by - February 12, 2017

Pantai Krakal Yogyakarta, merupakan salah satu obyek wisata pantai di daerah Gunung Kidul yang sudah sejak lama kondang.  Banyak pihak yaang mengatakan bahwa di antara  deretan pantai yang membentang sepanjang Gunung Kidul, Pantai Krakal lah yang memiliki spot terbaik. Bukan hanya landscape alamnya saja yang menawan, pantai ini juga menjadi tempat yang sempurna untuk surfing bagi para penggemar selancar.


Surfing Seru di Pantai Krakal Yogyakarta


Jauh sebelum Pantai Jogan dan Pantai Indrayanti populer, Pantai Krakal sebenarnya sudah jauh lebih dulu di kenal oleh para penikmat traveling. Hal ini tak lain karena Pantai Krakal memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan spot pantai yang paling pas untuk surfing bagi peselancar.
 
Daya Tarik Pantai Krakal Yogyakarta, Rute Perjalanan Pantai Krakal, Penginapan di Pantai Krakal, Lokasi Pantai Krakal, Tiket Masuk Pantai Krakal,
Pesona Keindahan Alam Pantai Krakal Yogyakarta

Di pantai Krakal Gunung Kidul ini Anda akan menemukan pemandangan keren berupa pantai yang landai dengan pasir putih yang menghampar luas sejauh mata memandang. Deburan ombak laut yang penuh irama dengan air lautnya yang jernih pun turut menambah kesempurnaan surga di selatan Yogyakarta ini. Jika mengunjungi Gunung Kidul, jangan sampai lewatkan pantai Pantai Krakal. Sangat sayang rasanya jika tidak menjejakkan kaki di Pantai cantik penuh pesona ini.

Lokasi Pantai Krakal Yogyakarta


Lokasi Pantai Krakal ternyata tak jauh dari pantai-pantai terkenal lainnya di gunung Kidul seperti pantai Drini dan Pantai Sundak. Tepatnya di Kelurahan Ngastirejo, Kec. Tanjungsari, Gunung Kidul Yogyakarta. Letak Pantai Krakal pun masih berada satu jalur dengan obyek wisata pantai kukup dan pantai baron, sehingga jika bosan dan ingin menikmati spot pantai yang berbeda, Anda tinggal berkendara sebentar  menuju pantai tetangga. Hanya membutuhkan waktu 5-7 menit saja Anda sudah bisa menikmati pesona pantai yang berbeda.

Bagi yang berangkat dari Jogja, Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 2 jam untuk menuju lokasi Pantai Krakal ini. Mengenai akses jalannya Anda tak perlu khawatir, karena aspalnya sudah terbilang mulus dan rata. Sepanjang perjalanan pun banyak warung-warung kecil yang menjajakan minuman dan makanan khas jogja, sehingga jika lapar atau haus di tengah jalan Anda pun bisa mampir sebentar mengisi perut sebelum melanjutkan perjalanan.

Daya Tarik Pantai Krakal Gunung Kidul


Pesona menawan Pantai Krakal Yogyakarta yang tak bisa dipungkiri lagi yaitu keberadaan bebatuan karang kokoh yang berdiri di sepanjang pantai. Yang menarik dari ini,  di karang-karang cantik tersebut hidup ribuan jenis ikan dengan warna yang indah dan beraneka ragam.

Beberapa di antara jenis ikan yang mendiami batu-batu karang tersebut adalah Damsel fish yang memiliki ciri khas berupa warna tubuh yang dominan kuning dengan sedikit sentuhan warna biru di bagian  pungggungnya. Ikan-ikan lucu ini dengan gesitnya berenang ke sana kemari tanpa peduli dengan manusia-manusia yang sedang mengamatinya dengan gemas.

Selain Damsel fish ada juga yang namanya Butterfly fish. Oleh penduduk setempat ikan cantik ini diberi nama ikan kepe-kepe. Ciri khas yang paling menonjol dari ikan ini yaitu warna tubuhnya yang terdiri dari perpaduan warna biru muda dan biru tua. Bagi para penggemar ikan hias, melihat ikan cantik dengan tingkahnya yang lucu ini akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri yang didapat di Pantai Krakal.

Tidak hanya ikan-ikannya saja yang lucu, Pantai cantik berpasir putih ini juga mengadirkan ciri khas yang sangat sayang jika tidak dieksplorasi. Di pantai ini Anda bisa merasakan sensasi berjalan di atas batuan karang yang menyembul ke permukaan layaknya jembatan kecil yang membelah laut. Namun perlu diingat juga, jika ingin menapakkan kaki di bebatuan karang ini Anda harus menggunakan alas kaki sebab banyak bebatuan karang yang tajam dan bertekstur rancing.

Dari bongkahan batu karang ini pula Anda bisa dengan jelas menyaksikan para nelayan yang tampak asyik memancing. Tapi tak semua nelayan di sini memancing, ada sebagian nelayan yang lebih suka mencari umbal dengan menyelam ke dalam laut. Bagi yang belum tahu apa itu umbal, mungkin penjelasan singkatnya umbal adalah jenis binatang laut berukuran kecil yang hidupnya  menempel di bebatuan karang dalam laut. umbal-umbal kecil ini oleh warga setempat kemudian diolah menjadi makanan-makanan kecil seperti kerupuk dan rempeyek.

Surfing Seru di Pantai Krakal Yogyakarta


Di samping pesona alamnya yang cantik, Pantai Krakal Gunung Kidul juga memiliki gelombang air yang disukai oleh para peselancar sehingga tak perlu kaget jika sewaktu tiba di sana Anda menemukan banyak orang yang asyik berselancar. Belakangan ini Pantai Krakal memang tak pernah sepi akan wisatawan yang datang untuk surfing di atas ombak lautnya yang ganas.

Untuk berselancar, para surfer harus berjalan dulu melewati deretan batu karang di sepanjang lepas pantai. Ini sudah menjadi langkah awal untuk bisa menikmati ombak reef break di Pantai Krakal yang cukup menantang. Namun ada yang perlu diperhatikan bagi yang ingin melakukan surfing. karena dasar laut di pantai ini banyak didominasi oleh bebatuan karang, maka para surfer dituntut untuk berhati-hati selama melakukan aktivitas berselancar di sini.

Bagi Anda yang berencana melakukan selancar di Pantai Krakal, sebaiknya  Anda menyiapkaan segala perlengkapan surfing dengan matang dulu dari rumah. Pasalnya, di Pantai Krakal Anda akan sedikit susah menemukan perlengkapan seperti papan surfing karena di sekitar pantainya belum ada tempat yang membuka rental surfboard. Hal ini tak lepas karena penduduk lokalnya yang masih sangat asing dengan olahraga surfing itu sendiri.

Penginapan dan hotel di Pantai Krakal Yogyakarta


Bagi yang ingin menghabiskan malam di Pantai Krakal, Anda tak perlu bingung karena di kawasan Pantai Krakal Yogyakrata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas hotel dan penginapan yang terbilang murah. Keberadaan hotel di area Pantai Krakal ini tentu juga sangat menguntungkan para surfer yang ingin menginap sambil menunggu kedatangan ombak yang bagus untuk berselancar. Dengan begitu, wisatawan yang ingin bermalam pun tak perlu repot membangun tenda untuk berkemah di sini.

Tiket Masuk Pantai Krakal Yogyakarta


Untuk bisa menikmati panorama alam pantai gunung kidul yang keren ini, Anda harus mengeluarkan dana untuk tiket masuk sebesar 10 ribu per orang. Tiket masuk ini dibayar di post retribusi masuk Pantai Baron. Biaya tiket 10 ribu ini sudah mencangkup semua obyek wisata pantai di Gunung Kidul yang satu deretan dengan Pantai Krakal seperti Pantai Baron, Pantai kukup dan Pantai Sundak. 

Rute Perjalanan ke Pantai Krakal Yogyakarta


Untuk rute perjalalanan menuju Pantai Krakal arahnya sama dengan alur ke Pantai Baron dan Pantai Kukup. Dari pusat Kota Jogja, Anda tinggal ambil arah ke Wonosari. Setelah masuk kawasan Wonosari akan melewati tiga lampu merah, kemudian ambil arah kanan dan jalan lurus hingga menemukan papan petunjuk. Sampai di situ Anda tinggal mengikuti instruksi yang digambarkan di papan petunjuk tersebut. Untuk detailnya mungkin Anda bisa melihat rute berikut ini:

1.    Rute perjalanan dari Jogja

Yogyakarta >> Piyungan >> Patuk >> Sambipitu >> Siyono >> Wonosari >> Jalan Baron >> Tanjung Sari >> Pos Retribusi Obyek Wisata Gunung Kidul >> Pantai Krakal.

2.    Rute perjalanan dari Solo dan Klaten

Solo >> Lewat Klaten >> Cawas >> Semin >> Watukelir >> Karangmojo >> Tanjungsari >> Pos Retribusi >> Pantai Krakal.

3.    Rute Perjalanan daari Sukoharjo

Sukoharjo >> Tawangsari >> Semin >> Watukelir >> Karang Mojo >> Tanjung Sari >> Pantai Krakal.

Selanjutnya baca:
  1. Menginap di Hotel Apung Ini, Dijamin Liburan Anda Semakin Seru
  2. 5 Pantai Indah di Sumatera Barat Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur ke Sini
  3. Pantai Indrayanti, Paket Wisata Pantai Gunung Kidul yang Keren dengan Restoran dan Cafe

You May Also Like

0 comments