Pantai Sundak Gunung Kidul, Pantai Indah dengan Cerita Perkelahian Anjing dan Landak

by - February 10, 2017

Daya tarik pantai di Gunung Kidul memang tak pernah ada habis-habisnya. Setelah Pantai Indrayanti, ternyata ada satu lagi pantai cantik yang turut membuat Gunung Kidul semakin berwarna dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ya, inilah dia Pantai Sundak, destinasi dengan keindahan alam dan pesona bawah laut yang eksotis.
Pantai Sundak Gunung Kidul, Rute Perjalanan Menuju PantaI Sundak, Lokasi Pantai Sundak, Cerita Menarik dibalik Pantai Sundak, Hal Menarik dari Pantai Sundak,
Pesona Alam Pantai Sundak Gunung Kidul

Liburan Seru di Pantai Sundak Gunung Kidul


Ketika tiba di Pantai Sundak Gunung Kidul ini Anda akan langsung di suguhkan panorama alam yang cantik berupa hamparan pasir putih dan jejeran batu karang yang berdiri kokoh seakan-akan menantang sang penguasa laut. Ketika berada di sini jangan kaget melihat gulungan ombak besar dan suara dentumannya yang terdengar keras. Hal ini wajar, karena letak pantainya saja berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang sudah terkenal dengan karakter ombaknya yang ganas.

Lokasi Pantai Sundak Gunung Kidul


Jika ingin mengunjungi pantai Sundak, lokasinya berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 70 km atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat Jogja, Anda sudah bisa menghirup udara segar dengan pemandangan indah di Pantai Sundak. Bagi yang ingin berwisata ke sini, Anda tak perlu khawatir, karena jalan menuju pantai cantik ini sudah di aspal mulus dan fasilitas yang tersedia pun sudah cukup memadai.


Hal menarik dari Pantai Sundak Gunung Kidul


Jika sekilas dilihat, Pantai Sundak Gunung Kidul ini memang tidak begitu luas jika dibandingkaan dengan pantai-paantai lainnya yang membentang sepanjang Gunung Kidul. Tapi jangan salah sangka dulu, meskipun demikian, pemandangan alam yang disajikan di sini sangat keren dan mengagumkan. Anda bakal dibuat tersihir ketika menatap pesonanya yang menawan ini.

Apalagi saat sore hari tiba, dimana langit mulai menguning dan matahari perlahan turun ke peraduannya. Sungguh, siapa saja yang melihat pemandangan sore di langit pantai sundak ini tak henti-henti akan dibuatnya kagum.

Cerita Menarik Dibalik Pantai Sundak Gunung Kidul


Ketika mendengar nama Sundak, Anda mungkin akan bertanya-tanya, kenapa bisa namananya demikian. Ternyata setelah ditelusuri, pemberian nama tersebut asal muasalnya dari legenda Panta Sundak yang hingga kini ceritanya masih begitu melekat dengan masyarkat setempat.

Jika berjalan menyusuri sisi demi sisi pantai Sundak, Anda pasti akan menemukan sebuah goa dengan mata air di dalamnya. Di goa inilah cerita di balik nama pantai Sundak terbentuk. Jadi begini kisahnya. Dahulu kala, konon katanya ada seeokor Anjing yang sedang mencari makan di tepi pantai. Setiap sudut pantai ia jelajahi dan akhirnya tak sengaja ia menemukan sebuah goa yang ternyata didalamnya hidup seekor Landak.

Karena saking kelaparan, melihat landak, Si Anjing langsung berniat memangsanya, namun tindakannya itu diketahui Landak.  Landak pun segera menghindar. Namun hal ini sia-sia, anjing tetap berusaha mengejar si landak dan akhirnya terjadilah perkelahian hebat antara kedua hewan ini. Dari perkelahian ini Anjing berhasil memakan setengah badan si landak dan membawa daging hasil buruannya itu keluar goa dengan penuh rasa bangga karena kemenangannya.

Perbuatan sang Anjing ini ternyata diketahui oleh pemiliknya yang kebetulan sedang mencari anjingnya yang hilang. Melihat Anjingnya sedang menyantap landak di depan gua dengan setengah badan basah kuyup, si pemilik anjing pun penasaran dan masuk ke dalam gua untuk mengecek. Ternyata di dalam ia menemukan setengah tubuh si landak malang itu berlumuran darah. Di dalam gua itu juga ia ahirnya menemukan mata air yang selama ini sangat dibutuhkan penduduk setempat.

Dari cerita perkelahian itulah kemudian pantai ini dinamakan Pantai Sundak. “Su” yang berarti Anjing (kependekan dari asu) dan “Ndak” yang berarti landak. Tak disangka ternyata dari perkelahian ini membawa berkah yang baik bagi masyarakat setempat yang sudah puluhan tahun lamanya kekeringan karena kekurangan air.
Berkat perkelahian dua hewan inilah mata air yang dicari selama ini akhirnya ditemukan. Dan hingga kini, sumber air dari goa karang ini pun masih digunakan untuk keperluan hidup warga setempat.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Sundak Gunung Kidul


Ingin menghabiskan waktu libur di Pantai Sundak yang keren ini? Jangan lupa siapkan rute perjalannya dari awal agar tidak kebingungan di tengah jalan. Berikut ini akan diuraikan beberapa alur yang bisa Anda ikuti jika ingin menuju Pantai Sundak:

1.     Yogyakarta – Patuk – Wonosari – Pantai Sunda
2.     Solo / Sukoharjo – Semin – Karangmojo – Wonosari – Pantai Sundak
3.     Wonogiri – Rongkop – Semin – Pantai Sundak
4.     Imogiri – Panggang – Septosari –Panta Sundak

Itulah beberapa alur perjalanan yang bisa Anda lewati dari berbagai tempat seperti Jogja, Solo, Sukoharjo, Wonogiri dan Imogiri. Pilih salah satu rute yang sesuai dengan lokasi tempat Anda dan nikmati liburan seru di Pantai Sundak Gunung Kidul. Selamat berwisata dan selamat menikmati.

Selanjutnya baca: 
  1. 5 Pantai Indah Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berkunjung ke Sumatera Barat
  2. Menginap di Hotel Apung Ini Dijamin Liburan Anda Semakin Seru
  3. Ingin Traveling 3 Kali Dalam Setahun, Tapi Tidak Memiliki Dana yang Cukup? Ikuti Trik Ampuh Ini

You May Also Like

2 comments

  1. Duh Jogja emang ga ada matinya yak.
    Jadi penasaran pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. iya mas. sekali-sekali jalan ke jogja. keren abis dah pokoknya. :D

      Delete