Tebing breksi, Bekas Tambang yang Menjadi Obyek Wisata Populer

by - October 31, 2016

Taman tebing breksi merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Tebing ini juga termasuk obyek wisata yang baru di Jogja. Peresmiannya belum lama, yaitu sekitar 1 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 30 Mei, 2015. Meskipun tergolong baru, Tebing Breksi dengan cepat berhasil menarik perhatian banyak orang khusnya dari kalangan anak-anak muda yang suka traveling. Pengunjung tebing breksi pun semakin hari semakin melonjak naik. Wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong datang ke sini untuk menikmati keeksotisan tebing yang mirip brown canyon yang terdapat di Semarang.   


tebing breksi, obyek wisata Jogja, eksplore jogja,
Tebing Breksi Di Siang Hari


Keberadaan tebing breksi ini juga bisa menjadi alternative lain untuk melihat panorama jogja dari ketinggian yang luar biasa spektakuler. Hadirnya bukit breksi atau yang lebih dikenal dengan sebutan taman tebing breksi juga membuat minat wisatawan untuk mengunjungi Jogja pun peningkat pesat. Pasalnya, taman wisata tebing ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah berupa deretan tebing yang berdiri kokoh dengan latar pemandangan alam yang tampak hijau dari kejauhan, mungkin karena banyak pepohonan yang tumbuh di sana. Dari atas tebing breksi, kita juga bisa melihat penampakan Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan serta gunung merapi yang menjejak dengan gagahnya. 
 
Tebing Breksi, Taman tebing breksi, obyek wisata jogja
Panorama Jogja dari Tebing Breksi
Tebing Breksi awalnya merupakan sebuah bukit batu yang sudah ada sejak jutaan tahun silam. Karena aktivitas penambangan yang dilakukan di sini, bukit ini pun akhirnya berubah menjadi potongan-potongan batu pahatan yang membentuk struktur Tebing Breksi jadi tampak berseni. Salah satu hasil seni yang menonjol adalah sususan batu yang menyerupai kue lapis.  Mungkin karena alasan inilah, mengapa banyak orang tergoda untuk berburu foto dengan background  lapisan Tebing Breksi yang artistic. Bukan hanya itu saja, beberapa orang justru menjadikan lokasi ini sebagai spot untuk mengambil foto momen-momen spesial, seperti pre-wedding. 
 
tebing breksi, obyek wisata jogja, taman wisata tebing breksi
Taman Tebing Breksi



Lokasi tebing breksi tak jauh dari pusat kota Jogjakarta, hanya menempuh jarak sekitar 30 hingga 45 menit saja kita sudah bisa menikmati langsung  keindahan geoheritage Tebing Breksi dengan landscape pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Lokasi Tebing Breksi juga berdekatan dengan Candi Ijo, salah satu Candi di Jogja yang juga lagi ngehits belakangan terakhir ini. Sangat disayangkan  jika berkunjung ke tebing breksi tapi tidak mampir ke Candi Ijo. Karena ke dua lokasi ini sama-sama memiliki keunikan tersendiri, jadi sangat disarankan untuk mengunjungi ke dua obyek wisata ini sekaligus. 
tebing breksi, taman tebing breksi, obyek wisata jogja
Panorama Tebing Breksi

Berhubung lokasi Tebing Breksi berada di jalur utama, maka rute perjalanan menuju Tebing Breksi pun cukup mudah untuk di jangkau kendaraan. Rute yang paling mudah adalah melalui Candi Prambanan. Jika dari jogja, berjalan saja terus hingga menemui pertigaan pasar Prambanan, dari situ ambil arah kanan untuk menuju Piyungan. Sekitar 3 Km dari arah Prambanan kamu akan menemukan petunjuk arah menuju Candi Ijo, setelah itu kamu akan menemukan pertigaan lagi. Dari pertigaan, ambil kiri dan selanjutnya hanya perlu jalan terus mengikuti alur hingga dipertemukan dengan palang bertuliskan Taman Tebing Breksi. Ketika mendekati Tebing Breksi, jalanan akan sedikit menanjak, tapi kamu tidak perlu khawatir karena jalanan yang sebelumnya rusak sudah diperbaiki sehinggi tampak mulus. 
 
tebing breksi, obyek wisata jogja
Spot Foto di Tebing Breksi
Jika sudah berkunjung ke Tebing Breksi, jangan buru-buru pulang dulu. Tunggulah sebentar hingga langit senja datang menyapa. Melihat bagaimana sang surya dengan perlahan lahan turun ke peraduannya yang diikuti dengan perubahan warna langit yang memerah merupakan suatu momen yang tidak boleh di lewati ketika berkunjung ke obyek wisata ini. Sementara menunggu pulangnya sang surya ke peraduan, kamu bisa beristirahat sejenak di gazebo-gazebo yang sudah disediakan sambil menyeruput teh anget atau kopi tubruk yang banyak dijual di area tebing breksi.


Selanjutnya: 
  1. 6 Tips Sebelum Menaiki Wahana yang Menantang Adrenalin
  2. Pantai Baron, Pantai dengan Dua Tebing Pemecah Ombak Raksasa
  3. 6 Fakta Unik dan Menarik Gunung Merbabu

You May Also Like

0 comments