Kulon Progo, Kota Wisata yang menjadi Permatanya Jawa

by - January 31, 2017


Bagi kamu pecinta traveling tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama Kulon Progo. Yap, Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jogjakarta yang meyimpan segudang keindahan alam yang mampu melelehkan hati. Memang tak diragukan lagi pesona alam yang dimiliki kapupaten di sudut Jogja ini. Mulai dari deretan pegunungan hijau,  sungai-sungai yang cantik hingga pemandangan pantai yang menyejukkan, semua ini menjadi aset berharga yang dimiliki Kulon Progo.

Seolah-olah seperti magnet, Kulon Progo mampu menarik ribuan orang dari berbagai penjuru dunia untuk berpijak di tanahnya. Bahkan baru-baru ini Kulon Progo dengan  penuh percaya diri mempromosikan dirinya sebagai The Jewel of Java karena pesona kemolekannya yang tidak dimiliki oleh kabupaten-kabupaten lain di daerah Jawa.


Banyak orang yang dibuat terpana akan sosoknya yang cantik dan tak pernah membuat bosan. Bahkan tak jarang wisatawan yang rela mengunjungi Kulon Progo hingga berulang-ulang kali hanya sekedar untuk menikmati alamnya yang entah mengapa selalu membuat mereka candu. kamu pasti penasaran kan sehebat apa keindahan alam Kulon Progo hingga bisa membuat orang kecanduan untuk terus mendatanginya? Yuk intip informasinya berikut ini, siapa tau kamu tertarik untuk memasukkannya ke dalam daftar obyek wisata tujuanmu selanjutnya.

Kecantikan Kulon Progo, Kota Kecil yang Kaya Obyek Wisata


1.      Kali Biru, mengintip keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian


Kali biru merupakan salah satu obyek wisata Kulon Progo yang belakangan ini cukup populer diperbincangkan orang di sosial media khususnya para anak muda yang hobi traveling. Bagaimana tidak, obyek wisata yang terletak di perbukitan Menoreh ini ternyata menyimpan keindahan alam yang sangat tak terduga. dari puncak  kali biru
kita bisa menikmati banyak obyek wisata sekaligus dengan satu kali lirikan.
 
wisata alam kulon progo, pesona kali biru, traveling ke kulon progo, keindahan kali biru
Pesona Kali Biru dari Ketinggian
Deretan perbukitan yang membentang dari utara ke selatan dipadukan dengan hamparan pepohonan hijau menjadikan tempat ini begitu menyejukkan. Keberadaan hutan pinus yang menjulang tinggi pun turut membuat suasana di kali biru ini terasa dingin dan menyegarkan layaknya di pegunungan. Tidak cukup sampai di sini saja, ketika mengalihkan pandangan sedikit ke arah kiri kita bisa melihat betapa eloknya Waduk Sermo denga airnya yang tampak menghijau diterpa cahaya. Cukup menakjubkan bukan obyek wisata satu ini?

2.      Menatap alam Kulon Progo dari perkebunan teh Widosari


Satu lagi obyek wisata Kulon Progo yang akhir-akhir ini  sangat ngehits di kalangan pra traveler adalah perkebunan teh widosari. Tidak hanya kali biru saja, dari Puncak Widosari pun kita bisa melihat pesona alam Kulon Progo yang cantik dari ketinggian. Puncak widosari ini sebenarnya merupakan sebuah perkebunan teh yang terletak di desa Ngargosari kabupaten Kulon Progo.
 
pesona kebun teh widosari, keindahan alam widosari, wisata alam kulon Progo
Perkebunan Teh Widosari, Pesona Kulon Progo yang Menyejukkan
Dari puncak ini biasanya para traveler sering mengambil gambar-gambar panorama alam Kulon Progo yang cantik. Bukan hanya itu saja, perkebunan teh yang ada di Puncak Widosari pun kerap kali menjadi spot foto yang menarik di kalangan wisatawan.

3.      Embung Banjaroya, tempat bersembunyinya langit cantik Kulon Progo


Obyek wisata berikutnya yang menjadi destinasi wisata pilihan di Kulon Progo adalah Embung Banjaroya. Embung ini berada di perbukitan Kulon Progo. Yang menarik dari obyek wisata ini adalah pemandangannya di kala senja, saat di mana langit mulai memerah dan sang surya mulai perlahan turun ke peraduannya. Tak jarang banyak wisatawan yang menyempatkan mampir ke sini hanya untuk memotret keindahan waduk cantik ini di kala pergantian hari. Sungguh tak terbayang betapa mempesonanya langit senja di Kulon Krogo.

keindahan embung banjaroya, wisata kulon progo
Cantiknya Langit Siang Banjaroya


4.      Pantai Glagah dengan senjanya yang cantik


Inilah salah satu pantai indah di Kulon Progo yang letaknya tak jauh dari pusat Jogjakarta. Pantai dengan seribu laguna pemecah ombak raksasa ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Jogja. Yang unik dari pantai ini adalah pemandangannya di pagi hari saat matahari baru mulai menampakkan batang hidungnya atau pada sore hari di kala hari mulai berganti. Deburan ombak raksasa yang menantang laguna dipadukan dengan langit senja yang menguning sudah pasti menjadi suatu pemandangan yang sangat sayang jika dilewatkan.
 
keindahan apantai glagah, pesona pantai glagah, sunrise di pantai glagah, sunrise di pantai glagah
Langit Cantik Pantai Glagah di Kala Senja
5.      Pantai Trisik, tempat wisata penyu yang unik

Selain Pantai Glagah, Pantai Trisik pun kini sudah semakin populer di kalangan traveler. Jika Pantai Glagah terkenal dengan lagunanya maka pantai Trisik terkenal dengan pantainya yang landai dan dipenuhi pasir hitam. Uniknya dari pantai ini kita bisa menemukan habitat penyu penyu lucu yang sengaja dikelola oleh masyarakat setempat.  Jadi bagi Anda pecinta penyu, kamu bisa menjadikan pantai Trisik sebagai obyek wisata tujuan berikutnya yang harus ditandangi.
 
wisata pantai trisik, keunikan pantai trisik, pesona pantai trisik
Pantai Trisik, Tempatnya Wisata Penyu Kulon Progo


Selain beberapa obyek wisata di atas, sebenarnya masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah cantik, diantara yaitu, Waduk Sermo, Hutan Mangrove, Waduk Mini Kleco, Dolan Ndeso Boro, Grojokan Segar dan masih banyak lagi. Mengingat banyaknya obyek wisata di Kulon Progo yang sudah terkenal dengan keindahannya, mungkin memasukkan Kulon Progo ke dalam daftar obyek wisata tujuan berikutnya adalah pilihan yang tepat. Bukankah begitu?

Baca Juga: 
  1. Telaga Warna Dieng, Tempat Piknik Asyik yang Menantang Nyali
  2. Puncak Becici, Tempat Sembunyinya Langit Senja yang Menawan
  3. 6 Tips Sebelum Menaiki Wahana yang Menantag Adrenalin

You May Also Like

0 comments