Telaga Warna Dieng, Tempat Piknik Asyik yang Menantang Nyali

by - October 29, 2016

Matahari belum benar-benar menampakkan diri ketika kendaraan yang membawa kami mulai menyusuri kawasan Dataran Tinggi Dieng. Berbagai suasana pun telah dirasakan, mulai dari hiruk pikuk kota, jalanan beraspal mulus yang naik turun hingga sepi jalanan pedesaan.

Adrenalin kerap kali berdesir ketika jalanan yang kami lewati mulai menanjak dan berliku.  Bukit-bukit terjal dan jurang di sisi kanan dan kiri jalan juga ikut serta membuat jantung berdetak kencang dan tegang.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng,
Penampakan Telaga Warna, Obyek Wisata Dieng



Namun, semakin mendekati tempat tujuan, akhirnya semua ketegangan itu perlahan lenyap dan tergantikan dengan ketakjuban yang tak terhingga akan suguhan alam yang disajikan di sana.

Pepohonan tinggi menjulang berjejer sepanjang jalan dengan latar perbukitan yang tampak hijau dari kejauhan, udara sejuk dan angin semilir yang menerpa wajah membuat rasa lelah dan mendebarkan sedikit terobati.

Lokasi Telaga Warna Dieng


Setelah 1 jam menempuh perjalanan dari pusat Kota Wonosobo, akhirnya sepeda motor  yang kami tumpangi akhirnya menjejakkan kaki di tanah wisata Dataran Tinggi Dieng, yang letaknya berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Begitu tiba di lokasi yang memiliki ketinggian 2000 mdpl ini, kami langsung dibuat kagum dengan sebuah Telaga cantik yang cukup besar terpampang nyata di depan mata. Hamparan pepohonan hijau serta deretan bukit-bukit yang tinggi menjulang membuat pemandangan sekitar telaga semakin terlihat indah dan mengagumkan.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng


Angin semilir tak henti-hentinya berhembus, membuat hawa dingin khas pengunungan semakin terasa menusuk kulit ketika kami mulai menelusuri Telaga Warna, salah satu obyek wisata unggulan yang mulai populer di kalangan wisatawan akhir-akhir ini.

Telaga ini terkenal bukan semata-mata karena keindahan alam sekitarnya yang mempesona, melainkan keunikan dari telaga itu sendiri yang bisa berubah-ubah warna. Perubahan warna permukaan telaga warna ini bisa terjadi setiap waktu, tergantung sudut pandang, jarak pandang dan cuaca.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng,
Pesona Alam Telaga Warna Dieng

Warna-warna yang biasanya terlihat adalah warna hijau, kuning, biru laut serta putih kekuningan. Terkadang warna-warna tersebut juga bercampur sehingga membentuk bias sinar yang mirip pelangi.

Fenomena perubahan warna ini dipengaruhi oleh tingginya kadar sulfur di dasar telaga. Sulfur/ belerang ini akan mengalami pembiasan cahaya ketika terkena cahaya matahari sehingga terbentuklah gradasi warna yang indah di permukaan Telaga Warna.

Bukan hanya itu saja keunikannya, di tengah-tengah Telaga Warna ini juga sering terlihat letupan air mendidih seperti yang terdapat di kawah putih, Provinsi Jawa Barat.

Obyek Wisata di Sekitar Telaga Warna Dieng


Tak jauh dari kawasan Telaga Warna, ada lagi obyek wisata yang menggoda untuk didatangi. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah Telaga Pengilon, yang letaknya tepat di sebelah Telaga Warna.

Banyak orang mengatakan kedua telaga ini dengan sebutan telaga kembar. Nama Pengilon sendiri memiliki makna yaitu cermin. Meskipun bersebelahan dengan Telaga Warna, namun warna airnya tidak terpengaruh oleh air yang ada di Telaga Warna.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng,
Panorama Cantik Telaga Pengilon

Riak airnya hampir tidak tampak dan kejernihan airnya dapat memantulkan benda atau obyek hingga nampak seperti cermin. Warna jenih dari permukaan air Telaga Pengilon ini disebabkan kandungan sulfurnya yang sangat rendah, berbeda jauh dengan kandungan sulfur di Telaga Warna.

Karena alasan inilah mengapa air telaga pengilon hingga saat ini dijadikan sumber irigasi oleh warga setempat untuk mengairi ladang kentang yang menjadi sumber penghasilan utama masyarakat Dieng.

Selain telaga pengilon, ada beberapa obyek wisata lain yang masih satu kompleks dengan Telaga Warna. Sebut saja Dieng Plateu Theater, Jembatan Merah Putih Dieng, serta gua-gua alam di tepian Telaga Warna.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng,
Jembatan Merah Putih, Dieng

Tak mau rugi, kami pun menyempatkan waktu mampir ke tempat-tempat wisata ini. mengamati setiap lekuk keindahan alamnya, menyentuh airnya,  merasakan udaranya yang sejuk dan hembusan anginnya yang dengan lembut menerpa wajah dan membelai rambut. Ah, suasana yang sangat memanjakan tubuh, membuat kami semakin jatuh cinta.

Berbagai Cara Menikmati Pesona Telaga Warna Dieng


Menikmati panorama Telaga Warna juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti duduk di pendopo sekitar telaga sambil memandangi hamparan alam ditemani dengan hembusan angin yang dingin.

Bisa juga dengan meneguk segarnya es tes atau kopi tubruk di warung-warung sekitar telaga. Mencoba merasakan teduhnya naungan pohon rindang dengan latar Telaga Warna dan perbukitan dieng juga bisa menjadi salah satu pilihan menyenangkan.

Sementara yang lain masih terbuai dengan sejuknya udara Telaga warna, sebuah dataran yang lebih tinggi memanggil saya untuk mengeksplorasi. Batu Ratapan Angin, begitulah mereka menyebut dataran tinggi di sebelah timur Telaga Warna ini.

Batu Ratapan Angin ini sebenarnya  merupakan tumpukan dua batu di atas sebuah bukit yang masih berada di kompleks Telaga Warna. Tempat ini sangat strategis dan menjadi favorit kebanyakan wisatawan.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng,
Penampakan Telaga Warna dari atas Batu Ratapan Angin

Dari sini kita bisa melihat panorama Telaga warna dan Telaga Pengilon secara keseluruhan yang tampak indah dari ketinggian. Ketika berada di atas dataran tinggi ini, angin berhembus sepoi-sepoi, menghilangkan lelah yang terasa ketika mendaki.

Selain Batu Ratapan Angin, Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng  juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati hamparan alam sekitar Telaga Warna dari ketinggian. Letaknya juga cukup strategis. Sangat sayang jika tidak dijejaki.


Kuliner Khas yang ada di Telaga Waran Dieng


Puas menyesuri sudut demi sudut Telaga Warna, kami pun memutuskan untuk berjalan ke luar mencari warung makan  untuk mengisi perut yang sedari tadi berteriak meminta diisi. Tak jauh dari depan gerbang, belasan warung makan berjejer sepanjang jalan, menawarkan makanan khas daerah pegunungaan Dieng.
eksplore dieng, jalan-jalan, Jawa Tengah, panorama alam dieng, telaga warna dieng, kuliner khas dieng
Mie Ongklok Khas Dieng

Salah satu menu yang menjadi pilihan kami siang ini adalah mie ongklong. Mie ini memiliki rasa yang berbeda dengan mie-mie kebanyakan, cita rasanya gurih dan sangat khas, susah untuk ditemukan di daerah lain.


Penginapan di Kawasan Telaga Warna Dieng


Bagi yang memiliki rencana berlibur panjang di daerah dataran tinggi dieng, kamu tidak perlu khawatir dan bingung ketika mencari penginapan, karena di sini sudah tersedia banyak penginapan dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai.

Di mana penginapan ini berupa tempat tinggal yang pengelolanya merupakan masayarakat dataran tinggi dieng sendiri. Kamu bisa memilih mau penginapan yang satu atap atau terpisah. Jika memilih yang satu atap maka akan menginap di tempat tinggal yang sama serta bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat

Terbuai dengan hembusan angin yang sejuk dan panorama alam yang indah, kami tak sadar matahari semakin terik dan mulai terasa menyayat kulit. Tanpa pikir panjang, kami pun segera beranjak mengemasi barang-barang. Kini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada sepasang telaga kembar serta burung-burung penghuni telaga cantik ini.

Baca juga:

You May Also Like

0 comments